Wednesday, April 29, 2009

Simple Enkripsi File

Jika anda memiliki beberapa file penting yang ingin dilindungi keamanan datanya dari pihak lain, anda dapat menggunakan paket gpg (GNU Privacy Guard) yang merupakan versi PGP (Pretty Good Privacy) dengan lisensi GPL. Paket ini hampir tersedia di semua distro linux yang ada. Paket ini menyediakan dua model enkripsi: asymmetric (kunci publik) dan symmetric.

Bayangkan jika anda memiliki spesifikasi yang sangat penting dari sebuah proyek yang anda kerjakan, yang disimpan dengan nama PROYEK.pdf, dan anda ingin menyembunyikannya dari pihak yang tidak berkepentingan. Untuk melakukannya, gunakan:

$ gpg --output Cipher --symmetric --cipher-algo TWOFISH PROYEK.pdf

gpg akan meminta anda memasukkan password/passphrase yang akan digunakan sebagai kunci untuk mengamankan data anda. Ketikkan dan konfirmasikan. Passwordnya sebaiknya sekompleks mungkin, namun mudah untuk diingat.

Mari kita pelajari command yang kita masukkan. Kita memerintahkan gpg untuk mengenkripsi file PROYEK.pdf menggunakan enkripsi symmetric (--symmetric) dan algoritma cipher TWOFISH (--cipher-algo TWOFISH). Tanpa opsi terakhir, gpg akan menggunakan cipher default yakni CAST5. Output akan disimpan di file Cipher (--output Cipher). Anda harus perhatikan, program akan bertanya apakah file harus ditimpa (overwrite), jika file output yang diberikan telah ada sebelumnya.

Untuk mendekripsi file Cipher, anda dapt menggunakan perintah:
$gpg --output PROYEK.pdf --decrypt Cipher


Opsi --decrypt berfungsi untuk memerintahkan program gpg mendekripsi file Cipher, sedangkan --output PROYEK.pdf menentukan name file output. gpg secara otomatis akan mengenali jenis cipher yang digunakan dan akan memunculkan permintaan password/passphrase.




Referensi:
1.Hakin9 Magazine, January 2005. www.hakin9.org
2. Manual GnuPG 1.4.9

0 komentar: