Monday, April 13, 2009

Menjalankan Mavis Beacon Teaches Typing Deluxe 17 menggunakan wine

Akhirnya setelah sekian lama belajar mengetik dengan menggunakan mavis beacon 15, di Windows XP melalui Virtual Box, saya harus berhenti. Maksudnya berhenti disini adalah saya tidak perlu lagi menggunakan virtual machine sebab mavis beacon 17 (versi 20 terakhir merupakan versi yang terbaru, tapi menurut saya versi 17 jauh lebih baik dari versi 20 ini) telah dapat dijalankan di Wine.

Namun ada beberapa kendala yang terjadi setelah selesai menginstal mavis beacon ini yaitu:
1. Suara "mavis music", "background music" dan "mavis voiceover" tidak terdengar saat mengetik
2. Huruf atau angka yang kita ketik akan lebih jauh jaraknya dengan contoh yang dilihat (lihat dua gambar di bawah)



























Untuk kendala no. 1 sampai saat ini saya tidak tahu solusinya :(. Sedangkan untuk kendala no.2 dapat diatasi dengan mengkopi font dari Windows XP ke "~/.wine/drive_c/windows/Fonts" (tergantung dimana anda letakkan folder wine). Berdasarkan percobaan yang saya lakukan, Mavis beacon ini memerlukan dua font yakni times.ttf dan comic.ttf (atau cour.ttf). Kedua font ini didapatkan dari folder "C:\Windows\Fonts" instalasi Windows XP default. Setelah selesai pengkopiannya jalankan kembali Mavis Beacon.
Voila...., semua hurufnya tampak menjadi normal letaknya :)




0 komentar: