Wednesday, April 8, 2009

Memainkan game Nintendo64 di PC

Terbayang masa-masa masih SMP mengingatkan saya akan asyiknya bermain video game konsol, mulai dari Nintendo, Sega, Nintendo64, sampai Playstation, menyenangkan sekali. Sayangnya satu-satunya konsol nintendo yang saya miliki rusak :(, tapi untunglah ada emulator sehingga kenangan itu tidak lenyap :).

Hampir setiap konsol game telah dibuat emulatornya (Playstation 2 juga, meskipun masih belum sempurna, Playstation 3 belum sepertinya :(). Untuk saat ini saya hanya membahas sebuah emulator Nintendo64 yakni Mupen64Plus (Mungkin teman-teman bertanya mengapa tidak membahas emulator Nintendo, kan kenangannya waktu pakai Nintendo?..., Ya, karena kebetulan cuma emulator ini yang sudah saya install di Linux hehehe :). Sedangkan untuk emulator lainnya mungkin akan saya bahas lain kali aja yah, dan diinstall tentunya :).

Mupen64Plus merupakan emulator berbasiskan plugin untuk Sistem Operasi Linux (Windows juga tersedia), yang dapat memainkan banyak game dengan akurat. Di dalam emulator ini diemulasikan empat buah CPU MIPS
R4300 dengan dynamic recompiler untuk System 32-bit x86 dan 64-bit amd64, dan plugin-plugin yang penting untuk audio, render grafis (RDP), co-processor sinyal (RSP), dan input. Ada 3 buah plugin video OpenGL yang diikutsertakan yakni: glN64, RiceVideoLinux, dan Glide64.

Dokumentasi terbaru dapat ditemukan di website:


dibawah ini screenshot mupen64plus ketika memainkan Paper Mario



untuk screeenshot lainnya lihat disini

Ada bagian yang sedikit mengesalkan. Konfigurasi input emulator ini terbalik untuk arah kiri dan kanan jadi untuk settingan ke arah kiri saya harus menggunakan arah kanan joystick dan sebaliknya..... Menyebalkan...... Tapi nggak apa-apalah namanya juga Cumi (cuma misa install), gak tahu coding....



Happy Happy-Ing


Juan Rio Sipayung

2 komentar:

muhammad saiful said...

[RiceVideo] SSE processing enabled.
[RiceVideo] Found ROM 'VIGILANTE 8', CRC 6a0571ea474821e4-45
InitExternalTextures
Initializing OpenGL Device Context
(II) Initializing SDL video subsystem...
(II) Getting video info...
(II) Setting video mode 640x480...
Tungsten Graphics, Inc - Mesa DRI Intel(R) 945GME GEM 20090712 2009Q2 RC3 x86/MMX/SSE2 : 1.4 Mesa 7.5
[RiceVideo] OpenGL Combiner: Fragment Program
[JttL's SDL Audio plugin] version 1.5-development initalizing.
[JttL's SDL Audio plugin] Initializing SDL audio subsystem...
[JttL's SDL Audio plugin] Allocating memory for audio buffer: 65536 bytes.
[blight's SDL input plugin]: Couldn't open joystick for controller #0: There are 0 joysticks available
Error: The core thread recieved a SIGSEGV signal.
This means it tried to access protected memory.
Maybe you have set a wrong ucode for one of the plugins!
SIGSEGV in core thread caught:
errno = 0 (Success)
address = 0x00000000
address not mapped to object

saya mendapat error kayak gini, ada solisi ga?

medan-slackware said...

Maaf agak telat responsenya :(.


"[blight's SDL input plugin]: Couldn't open joystick for controller #0: There are 0 joysticks available"

Mungkin settingan joysticknya kali...

"Maybe you have set a wrong ucode for one of the plugins!"

Atau coba ubah konfigurasi plugins nya.