Saturday, October 17, 2009

Upgrade KDE 4.2.4 menjadi KDE 3.5.10 di Slackware 13.0

Desktop environment KDE 4.2.4 di slackware 13.0 sangat tidak memenuhi keinginan saya akan sistem linux yang stabil. Desktop environment ini sering sekali crash, susah untuk dikustomisasi,banyak menggunakan resource, dan diperparah dengan tidak bisa diinstallnya driver openchrome untuk chipset grafik Via P4M90 saya. Yang membuat lebih tidak menyenangkan lagi, pada KDE 4.2.4, KSnapshot tidak bekerja seperti di Kde 3.5. Jika anda menekan tombol PrintScreen pada keyboard, KSnapshot tidak akan muncul, tampilan juga tidak akan di-capture...

Dengan bulat hati saya mengambil keputusan untuk mengganti KDE 4.2.4 dengan KDE 3.5.10. Kebetulan Bapak slackware, Patrick J. Volkerding, telah menyediakan paket KDE 3.5.10, meskipun paket ini tidak didukung pada slackware 13.0 :(. Paket KDE 3.5.10 ini dapat anda download dari http://ftp.linux.cz/pub/linux/slackware/unsupported/kde-3.5.10-for-slack13.0/ dan dari ftp://ftp.slackware.com/pub/slackware/unsupported/kde-3.5.10-for-slack13.0/.

Karena saya tidak tertarik lagi dengan KDE 4.2.4 maka paket yang berbau Kde 4 saya buang semuanya, lalu saya gantikan dengan paket KDE 3.5.10. Saya belum pernah mencoba paket KDE 3.5.10 tanpa membuang paket KDE 4.2.4, mungkin paket ini bisa koeksistensi dengan KDE 4.2.4, karena paket KDE 3.5.10 ini diinstall ke direktori /opt. Bagi anda yang mau mencoba, silahkan.., tapi saya tidak bertanggung jawab kalau sistemn anda kacau, hehehe.. ;).

Jika anda mengikuti jejak saya dengan membuang paket 4.2.2 dan menginstall paket KDE 3.5.10, maka pada waktu pertama kali booting ke sistem, yang sebelumnya memiliki tampilan login manager kdm, anda akan disuguhkan tampilan login manager xdm. Mengapa?, karena login manager default anda, yakni kdm, tidak dijumpai lagi saat boot, sebab ia ikut dibuang bersama paket KDE 4.2.4. Untuk mengembalikan lagi login manager kdm anda, masuk dengan user root kemudian edit file /etc/rc.d/rc.4. Ubah baris:

if [ -x /usr/bin/kdm ]; then
exec /usr/bin/kdm -nodaemon


menjadi


if [ -x /opt/kde3/bin/kdm ]; then
exec /opt/kde3/bin/kdm -nodaemon


Setelah itu restart komputer anda, maka anda akan melihat login manager kdm anda yang baru :).

Sayangnya, HAL menjadi tidak aktif pada KDE 3.5.10 di sistem saya, jadi harus manual lagi me-mount UFD dan CD-ROM... hiksss....:(.
Terpaksa harus googling lagi untuk mencari solusinya.....:(.

Mungkin untuk beberapa waktu saya akan tetap setia dengan KDE 3.5.10. Nanti kalau Kde 4 sudah benar-benar matang, saya akan mempertimbangkan untuk menginstallnya.

Ini hasil instalasi KDE 3.5.10 pada sistem Slackware 13.0 saya:



















0 komentar: