Thursday, May 15, 2008

Mengatasi Permasalahan Harddisk yang lambat

Berdasarkan pengalaman saya, harddisk lambat dikarenakan tidak dienablekannya dma. Pada komputer saya sebelum diaktifkan dma kecepatan buffernya hanya berkisar 14 M, setelah diaktifkannya dma ( dan settingan lainnya) menjadi kisaran 114 M.

Untuk setting harddisk dapat menggunakan hdparm ( lihat manual hdparm), dalam contoh ini saya menggunakan komputer dengan spesifikasi ( kebetulan ini komputer yang saya punya :> ) :

Processor : Pentium IV 3.06 GHz
ParentBoard : Biostar P4M890
Memory : Kingston 1 GB

Untuk pertama sekali pastikan pilihan SATA controller pada bios diaktifkan, kalau tidak settingan dma dengan hdparm tidak bisa dilakukan.

Bagaimana ?

Untuk melakukan settingan hdparm lakukan hal-hal berikut:
1. Masuk ke dalam Konsole sebagai root
$ su
password: password
#
2. Check informasi mengenai harddisk anda dengan perintah:
#hdparm -i /dev/hda
/dev/hda jika harddisk yang ingin anda setting merupakan harddisk primer atau sesuaikan dengan letak harddisk anda
3. ketik perintah :
#hdparm -d1 -u1 -m16 -X udma5 -X dma2 /dev/hda
Lihat informasi harddisk anda sebelumnya. Perintah di atas hanya sebagai contoh, ubah sesuai settingan yang didukung harddisk anda

Cara ini sangat melelahkan, karena setiap anda menyalakan komputer anda harus mensetting ulang lagi hdparmnya. Untuk itu anda bisa meletakkan perintah ini di rc.local


Catatan: -d1 artinya mengenablekan dma, -u1 mengenablekan unmasked interrupt, m16 mengenablekan multicount menjadi 16, -X mengenablekan udma atau dma ( Lihat manual)


Happy Hacking,

Best Regard Juan Rio Sipayung

0 komentar: